Selasa, 03 Juni 2014

Padang, West Sumatera: Lost in Times.




Kemarin aku ngliat pengumuman di twitter soal AIREF. AIREF ini kepanjangan dari Andalas International Relations Fair. Semacam short diplomacy course yang ditaja sama anak-anak HI Universitas Andalas. Pesertanya yah anak-anak HI yang kampusnya ada di regional Sumatera. Karena saat itu, aku lagi mumet-mumetnya kuliah, jadilah ikutan seleksi AIREF, itung-itung ada alasan melipir ke Padang skalian liburan. Yes, I am an evil. Hahaha.
Seleksinya sih gitu, kita nyerahin essay sesuai dengan thema yang dikasih sama panitia. Habis itu diwawancara. Yg wawancara senior-senior, terus pake bahasa Inggris gitu. Walopun yg wawancara Cuma senior,  krn status aku masih anak bawang, jadilah aku jawab pertanyaan mereka dgn bahasa Inggris yang terbata-bata. Dan jeng jeng jeng, aku terpilih ikut AIREF. And this is how this story begin.

Jadi delegasi dari kampus itu ada 8 orang. Aku, bg edja, bg abe, bg ardi, ola, ega, chaudy sama angga. Dan aku ngga kenal baik sama mereka, I mean, iya aku kenal Ola sama Ega karna kita satu angkatan. Aku kenal bg edja krna sering papasan, aku kenal bg abe karna dia mayor Komahi. Tapi, sekedar tau wajah sama nama mereka doang, bahkan aku ngga tau Chaudy, Angga sama Bg Ardi. Jadi, literally aku bakal semingguan lebih bepergian sama STRANGERS. Yaps, yg pasti rada khawatir lah, gimana ya?

Seminggu sebelum berangkat, kita ngumpul beberapa kali buat ngplanning persiapan kesana dan disana. Mulai dari transportasi, akomodasi, sama rundown+materi AIREF itu sendiri. Akhirnya dengan segala pertimbangan, kita milih buat nyewa mobil Avanza yang paling paling hemat, cost nya Cuma 250ribu seharinya. Buat akomodasi disana, kita dibantu sama anak-anak HI Andalas, mereka yg bakal nyediain tempat kita nginap.

Buat persiapan pribadi, aku harus nyiapin setelan office look, mulai dari kemeja, blazer, rok,sama  pantofel. Semuanya diringkas dalam satu travel bag ukuran sedang kesukaan aku yang sekarang kondisinya tidak layak ditampilkan lagi. Travel bag itu luluh lantak habis aku seret sambil lari-lari di stasiun Bandung gara2nya hampir ketinggalan kereta. Saat itu yg ada di pikiran aku gimana nyampe tepat waktu, aku ngga mikirin kondisii si travel bag yg sekarat meronta-ronta tergerus panasnya jalanan itu. RIP my travel bag, I love you, you know.

Ah sampai mana tadi, Oh, sampai persiapan pribadi. Ngga tau deh sama persiapan pribadi temen-temen yang lain. Mereka juga pasti sibuk lah, nyiapain semua-semuanya. Kita janjian berangkat jam 6 sore, dan ngumpul di Mesjid Arfa Unnas, mesjid yg ada di kampus. Kita janjian sekitar jam 5. Pas ngumpul aku perhatiin mereka satu persatu dengan curiga, I have to deal with this guys for a week, Oh God help me. Aku nngga tau mereka ini kayak gimana, aku cm pgn semuanya baik-baik aja sampe AIREF kelar dan kita balik dari Padang. Hampir jam 6, semuanya udah pada datang, dan kita mulai nyusun koper ke bagasi mobil. Dan yang paling aku inget, bg abe saat itu ngga bawa koper. Tapi dia bawa kantongan, semacam kantongan yang biasa dipake sama ibu-ibu yang jualan kain di pasar. Meeeehhh. Aku diam aja, sok kalem, padahal dalam hati, aku pengen ngakak sambil ngebully dia. Tapi aku diem aja, sok anggun dan sook cuek, it’s not the right time to show them my evil side.

Jam 6 kita berangkat. Yang nyetir bg ardi, disebelahnya bg edja, di belakang bg ardi ada aku, terus ada ega sama ola. Di back seat ada Angga, bg Abe sama Chaudy. Cuuuusss kita berangkant dgn harapan bisa nyampe tepat waktu, sekitar jam 6 pagi.

Ngga disangka dan ngga direkayasa ternyata kita ngobrolnya nyambung dan cepet ngebaur satu sama lain, jadilah perjalan 8 jam ngga berasa. Kita sama-sama suka musik-musik elektrik kayak Owl city, sambil ngobrol kita juga sambil nyanyi-nyanyi sok keren gitcuuu.  Lama-lama evilnya mulai keluar dan mulai lah ngebully. Targetnya siapa? Ola. Hahahaha, ola ini sebenarnya anaknya lumayan asik dan rame, sepanjang perjalanan dia ngga berenti ngomong, ada aja yang diomongin. Dan sepanjang jalan dia juga suka nelfon berjam-jam ngga berenti-berenti deh pokoknya. Ngga tau deh dia dapat kekuatan super dari mana. Aku aja ngomong 2 jam rasanya rahang aku udah encok. Dia nggak, nggak sama sekali. Kadang-kadang kita semua udah diam, dia tetap aja nyerocos, walau ngga ada yang  nanggapin alias dia analog, tetap aja dia ngomong. Hampir sejam dia kami biarin ngomong sendiri tanpa ada yg nanggapin. Suasana senyap, hanya ada suara dia sama sayup2 suara radio. Dia lagi asik cerita dan ngga tau ceita apa, dia ketawa. Hahahahahahahahahahaha dia ngakak lebar-lebar. Kita diam. Kita jg ngga dengerin dia cerita apa, dan kita jg ngga ngerti yg lucunya dimana. Kita diam. Tiba2 bg edja nyahut “Woi, kalian ketawa dong, kasian dia ketawa sendirian” Bhahahahahahahaha semuanya langsung ngakak sampe kejang-kejang kayak orang kemasukan setan, gantian Olanya yg diam.  Men, sumpah itu lucu banget. Yah kita juga rada kesal lah dengerin dia ngga berenti2 ngomong hampir 6 jam, kebayang ngga sih? Terus pas di KO in gitu, rasanya puas, lega banget. Kayak semesta ngedukung lu buat ngejatuhin dia ke titik terendah di bumi. Ah jahat banget.  Hahahahaha. Tapi walopun si Ola ini hobi nyerocos sampe tahap nyebelin gitu, justru dia yang bikin perjalanan kita berwana, iya KELABU.

Dari Pekanbaru sampai Padang kira-kira makan waktu 8 jam. Ternyata kita nyampenya kepagian di Padang, sekitar jam 3 dini hari. Karna ngga sesuai prediksi, ngga ada yg nyambut kedatangan kita disana, krn planningnya anak2 Andalas bakal nyambut kita jam 7 pagi. Well, kita ngga tau mau kemana. Itu masih pagi banget buat keliling-keliling dan kita juga masih ngantuk. Solusinya? Kita CARI MUSHOLA DAN TIDUR DISANA! Hahahaha gembel banget ngga sih kita? Anak-anak cowok tidur di dalam mushola, sedangkan anak cewek tidur di mobil. Sekitar jam 5 kita bangun, yah disponsori oleh perut LAFFARRR. Kita coba cari makanan deket2 mushola SPBU itu, ternyata lokasinya ngga jauh dari pantai. Good morning, OCEAN!! Ngeliat laut kita lupa kalau lagi lapar, jadi deh kita foto-foto plus main-main air laut gitu, di pagi pertama di Padang.

Habis perjalanan semalaman, its ok to celebrate, right?




Ini pak mayor, yang setiap ketemu laut langsung galau!!di belakangnya ada Angga yg mungkin nginjak poop dan lagi bersihin itu poop dari telapak kakinya.


Ini Ola yang ngeabadiin setiap moment-moment kita di Padang, sayang nya belum sempet minta filenya ke dia.
Kita main hampir sejam di pantai ini, pantai yg aku juga lupa namanya. Kita duduk-duduk disana, menikmati sambutan Padang melalui belai lembut angin lautnya. Sihiiiiyyyy. Puas main disana, kita balik ke mobil yg masih parkir di SPBU, lagi santai2nya jalan, kita nemu BANGKAI ANJING terdampar di pantai itu. Yaaakkkkksssssss!
Sebenarnya AIREF nya dimulai hari senin, dan kita nyampe disana masih hari minggu. Jadi hari itu kita pake buat city tour. Sebelum kita city tour, kita ketemu anak2 Andalas, yang ternyata SUPER BAIK BANGET! Iya, mereka itu welcome dan baik banget. Kita dianterin ke tempat kita nginap. Aku sama Ega dititipin di kosan anak Andalas yg lokasinya masih di kawasan UNAND. Ola dititipin di rumah salah satu panitia senior, sedangkan anak-anak cowok dititipin sama anak cowok Andalas angkatan 2009.
Dengan semangat “UNNI-UNNI HUNTER”nya anak-anak cowok kita pun berangkat city tour. Unni itu panggilan “kakak” dalam bahasa Padang. Jadi, anak-anak cowok saat itu baik beristri maupun duda, ngarep buat ketemuu unni-unni cantik buat digebet. Yang endingnya, ngga ada satupun yang nemu. XD
 Kita keliling-keliling kota, yang paling aku inget itu pas kita ke suatu tempat dimana sisa-sisa gempa masih kelihatan. Iya, gempa yang terjadi tahun 2011 itu dulu memporakporandakan Padang. Padang hancur, tapi selang setahun aku ngeliat kalau Padang udah berusaha buat bangkit. Puing-puing bangunan di jalanan itu nunjukin seberapa dahsyatnya gempa yg terjadi tahun sebelumnya. Kita terdiam. Dalam hati masing-masing merenung. Ntah apa.
Sore itu, hari hujan. Kita masih keliling-keling kota. Tiba-tiba JRENG JRENG JRENG!!!!! Ada polisi yang ngeberhetiin mobil kita. Omaigad, ternyata kita masuk di area forbidden alias terlarang. Yah mana kita tau itu jalanannya forbidden, wong sign nya disembunyiin gitu. Tapi yah kita nurut aja. Bg Ardi yang posisinya driver coba ngomong sama mereka jelasin situasinya. Tapi ternyata polisinya ngeyel. Bg Ardi yang punya Ayah berprofesi polisi juga coba cari bantuan. Kita coba nghubungi relasi papa Bg Ardi yang ada di Padang. Kita juga telfon temen-temen dari Andalas, tapi polisinya tetep ngeyel. Akhirnya setelah sejam-an diskusi sama bapak-bapak polisi itu kita sepakat damai. Yah tentunya ngga gratis, apalagi kita pake plat mobil BM, yang adalah plat mobil RIAU, mreka pasti mikir kita orang kaya pengusaha sawit yang pantas buat diporotin. Tapi dengan muka memelas, dengan acting yang sempurna tiada tara akhirnya kita sepakat bayar uang damai 100rb. Hahahahaha, mamam tuh pak polisi!
Habis itu, kita main ke taman budaya, saat itu lagi ada event jadi yah rame. Tapi kita milih buat nyantai di pinggiran pantai yang sama orang Padang disebut “Tapian Lauik” alias tepi Laut. Disana emang disediain pondok-pondok yang ngarah ke laut. Kita juga bisa pesan macam-macam makanan dan minuman. Suasana disana itu romantis, penuh misteri. Wah!
Karna hari udah malam, kita mutusin buat balik ke tempat nginap masing-masing. DAN KEMUDIAN TERJADILAH KESIALAN YANG LAIN. MOBIL KITA MOGOOOOOOOKKK!!!! Iya, mogok. Omaigad. Kita pusing, ngga tau mau gimana. Hari pertama, mogok di tempat yang asing buat kita. Kita coba nghubungin temen2 Andalas, tapi mereka datangnya LAMAAAAA BANGEEEETTT.
Kita duduk di trotoar deket mobil itu mogok, dengan posisi masing-masing yang ngga bisa disebutin. Sejam nunggu kita mulai bete. Here’s how we look

Angga dengan posisi JONGKOK berharap hari ini segera berlalu. Yang lain juga posisinya ngga beda jauh sama pengemis yang biasa duduk di trotoar. Hari pertama yang BERAT. B-E-R-A-T!!! hahahahahahaha. Sejam berlalu akhirnya Kak Tika dan pacarnya, senior 09 HI UNAND datang sebagai hero kita. Kak Tika akhirnya nganterin kita ke tempat nginap masing-masing dgn Jazznya yang punya playlist super cozy! Sementara cowok Kak Tika manggilin tukang bengkel buat benerin mobil kita.

That’show our first day gone. Pffffftttt.
Emang semuanya ngga seperti apa yang kita harepin, tapi semua kejadian ini malah yang bikin kita makin dekat dalam waktu sangat singkat. Iya, seminggu doang bareng mereka tapi udah bersa sahabatan.


Hari kedua kita dikasih draft UU, sm materi yang bakal dibahas dalam simulasi sidang ASEAN. Kita juga ditunjuk sebagai delegasi negara-negara ASEAN. Aku jadi delegasi Malaysia saat itu. Yang lainnya lupa jadi delegasi apa. Tapi yang aku ingat bg Abe jadi salah satu best speaker saat itu.
\

Dan ini foto bg abe habis terima penghargaan.



As you can see, Mega ditunjuk jadi delegasi buat Singapore.

That’s Ega, Ola, Me, Bg Edja and bg Abe.
Aku juga udah lupa gimana jalannya sidang, tapi untuk amatiran yang pertama kali mengadakan acara sebesar ini, UNAND did  a great job. Selain mengadakan simulasi sidang, mereka juga ngadain pameran profil negara-negara ASEAN di kampusnya. Kita sempet datengin kesana, dan itu kreatif banget. Setiap stand negara lengkap banget, dari mata uang, bendera, budaya, dll.
Ini foto kita pas kunjungan ke pameran negara-negara ASEAN


After having a good memories and studies for about three days, we have to leave Padang. Eh tunggu dulu, acara AIREF nya emang udah kelar, but we have not done yet with West Sumatera!!!!
Sumatera Barat alias Sumbar itu adem banget coy. Emang sih masih sedikit kampunganlah dibanding tempat-tempat lain, I mean, ngga ada mall besar disini, tapi itu daya tariknya. Sumbar, banyak pegunungan dan pantai, jadi kalo mau liburan lama dan puas kayaknya pas deh.


Ini foto latarnya salah satu gunung, yang gue juga lupa namanya apa.


Bayangin aja yang biasanya ketemu ngeliat bangunan tinggi dimana-mana, macet, sesak, polusi, sampah, terus ketemu pemandangan yang beginian sepanjang jalan. Iru kayak recharge energi kita selama ini. Rasanya damaaaaaaiiiii banget.
Kalo ke padang, ngga komplit kalo ngga nyobain masakan khas nya. Padang kaya sama kuliner-kuliner yang tersohor ke seluruh endonesa. Salah satunya SATE PADANG. Jujur, aku addicted sama makanan yang satu ini. Salah satu alasan aku ngga bakal betah hidup di luar negeri mungkin karena ngga ada sate padang. Hahahaha.



Sate Mak Syukur ini lupa lokasinya dimana, tapi masih inget gimana rasanya. ORISINIL. Emang tukang sate padang banyak dimana-mana, tapi yang satu ini emang dewanya. Perpaduan rempahnya itu pas, dan pedasnya juga paaasss. Perfect!!!
Di depan tempat ini kita bisa liat pemandangan langsung Gunung Singgalang. Ini penampakannya.


Habis icip-icip sate, kita melipir ke ICON SUMATERA BARAT, JAM GADANG!!!


11-12 lah sama big ban yang di London. Hihihi. Aku nggak bakal lupa sama kejadian disini. Well, waktu itu kita pisah sama anak cowok. Iya, disiekitaran lokasi ini banyak yang jual souvenir, cowok mana betah kalo sama cewek yang biasanya hobby shopping. Jadilah kita jalan masing-masing.
Disini tiap hari ada badut, aku inget waktu itu ada 3 badut, salah satunya karakter Sonic. Jadi, ceritanya fotoan sama badut ini harus bayar 5000, kita emang ngga ada niatan sih buat foto. Kita emang nggak ada foto tapi ngerekam pake video. Habis ngerekam yaudah kita pergi aja. Eh badutnya malah ngalangin dan minta duit. Dia kan ngga bisa ngpmong tuh, Cuma cegat kita pake tangan trus nunjukin 5 jari, yang artinya 5000. Yah kita bilang aa “Kita kan ngga ada foto mas”. Tetep aja dia ngeyel, udah kita kasih 10 rebu, dia minta lebih. Yaudah kita inisiatif buat kabur. Eh malah dikejar sama mereka semua. Kebayang nggak sih kayak film action, yang ngerar itu bukan penjahat tapi BADUT. Asal tau aja, dikejar badut lebih serem ketimbang dikejar perampok. Hiiiiiiiiiiiiii. Nekatnya, badut itu masih ngejar walo kita udah lari hampir 1km, untungnya ada supermarket disitu, yaudin, kita nyelamatin diri disitu. OMAIGAD! I HATE CLOWNS!!!!!

Besoknya kita ke Ngarai Sianok. Sumpeh, dingiiiiiin banget. Padahal aku dari kecil hidup di daerah pegunungan yang dingin banget, tapi Sianok dahsyat banget men. Jeddddaaaarrr dinginnya. Disini kita sempat main ke air terjun, trus disuguhin jamuan makan khas Padang sama Mak Dang Er.

Ah, seandainya punya foto lebih komplit. Kayaknya aku bakal mintain ke temen-temen yang lain di postingan berikutnya.

Here’s the end of this post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar